Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Pencegah Tabrakan Saat Parkir dari Toyota dan Ford





Toyota saat ini selain mengembangkan Pre-collision System (PCS) untuk mencegah mobil menyeruduk atau menabrak kendaraan yang berada di depan saat jalan, Toyota juga mengembangkan dua sistem keamanan baru, yaitu Intelligent Clearance Sonar (ICS) dan Drive-start Control (DSC). Targetnya, untuk mengurangi tabrakan saat parkir (lihat gaambar diatas).

Menurut Toyota, berdasarkan data terbaru, 7.000 tabrakan setiap tahun di Jepang terjadi akibat salah injak pedal, khususnya di tempat parkir. Pengembangan kedua sistem ini akan menbantu mengurangi kerusakan akibat tabrakan, khususnya bila salah injak pedal (menginjak pedal gas) atau posisi gigi tidak tepat.

ICS menggunakan sonar untuk mendeteksi obyek tersembunyi atau tidak terlihat oleh pengemudi. Sistem akan bekerja secara otomatis ketika rem dioperasikan dan kemungkinan terjadinya tabrakan. Kedua, DSC berfungsi mengontrol tenaga mesin bila pengemudi salah menempatkan posisi gigi sekaligus menginjak pedal gas, khususnya saat mobil diam atau berjalan lambat. Kedua sistem ini juga direncanakan Toyota akan digunakan pada model-modelnya yang akan diluncurkan pada tahun-tahun mendatang.

Pre-collison System (PCS)

Toyota membuat sistem pencegah serudukan ini bekerja pada kecepatan lebih tinggi dengan nama Pre-collison System (PCS). Dijelaskan, sistem bekerja dengan efektif, membantu mengurangi kecelakaan atau tabrakan pada kecepatan 40 – 60 km/jam (kpj).

Sistem bekerja dengan menggunakan radar gelombang milimeter untuk mendeteksi risiko menabrakan kendaraan yang berada di depan. Selain itu, sistem juga memberi peringatan kepada pengemudi melalui suara dan menayangkan peringatan agar segera mengaktifkan rem, khusus bila diperhitungkan kemungkinan tabrakan akan terjadi.

Ketika pengemudi mengerem, PCS mengurangi kecepatan sampai 60 kpj (saat melaju pada kecepatan 80 kpj) dengan memperbesar tenaga untuk mengaktifkan rem dua kali rata-rata yang digunakan oleh pengemudi.

Rem otomatis
Bila pengemudi tidak atau lupa mengerem, secara otomatis mobil akan melambat (deselerasi). Selanjutnya pada kecepatan 15 km rem bekerja secara otomatis. Kondisi ini terjadi khususnya saat melaju pada kecepatan 30 kpj.

Dijelaskan pula, lebih dari 90 persen tabrakan belakang terjadi saat mobil di depan melaju pada kecepatan 60 kpj. Pengembangan dan pengujian dilakukan pencegah tabrakan Toyota dilakukan berdasarkan data tabrakan yang sesungguhnya.

Intelligent Clearance Sonar

Ketika Clearance Sonar mendeteksi kemungkinan terjadi tabrakan, misalnya dengan dinding di garasi, sistem akan mengeluarkan bunyi berupa alarm. Pada saat bersamaan, tenaga mesin atau motor listrik dikurangi, rem juga diaktifkan secara otomatis.

Drive-start Control Jika pengemudi salah menempatkan posisi tongkat transmisi, pedal gas diinjak, gigi dipindahkan secara tidak normal, muncul peringatan. Selanjutnya, tenaga mesin atau motor dikurangi untuk membatasi mobil bergerak atau berakselerasi secara mendadak.

Saat mundur di tempat parkir, pengemudi bisa saja menabrak obyek. Khususnya saat pertama kali pengemudi menghidupkan mesin dan memindahkan gigi dari mundur ke maju sembari terus menekan pedal gas. Pada kondisi seperti itu, Drive-start Control mengurangi tenaga mesin dan motor untuk mencegah tabrakan.

Wah sekarang udah makin canggih, perang teknologi semakin marak. walau sekarang toyota belum mengeluarkan teknologinya setidaknya sudah kelihatan bagaimana mobil-mobil yang akan datang.

Sekarang kita lihat saja punya All New Focus dilengkapi sejumlah fitur cerdas yakni, Active City Shop, Active Park Assist, Blind Spot Information System, Smart keyless Entry, Ford Power Start, Drive Connected.

Di mulai dari Active City Stop yang mengaplikasikan pengereman saat mengetahui akan terjadinya benturan pada kecepatan di bawah 30 km/jam.

Sedangkan Active Park Assist, fitur yang membuat mobil bisa parkir paralel sendiri, tanpa pengemudi mengendalikan kemudi. Cukup menekan gas dan rem sesuai perintah pada layar monitor.

Untuk memberikan rasa aman berkendara, All New Ford Focus juga dilengkapi Blind Spot Information System. Di mana lampu akan berwarna jingga pada spion bila ada kendaraan dalam area blind spot. Tak ketinggalan Ford Power Star (menyalakan mesin tanpa kunci) dan Smart Keyless Entry.

Untuk menambah kenyamanan berkendara di dalam kabin disematkan teknologi Ford SYNC, yang bisa dikoneksikan dengan berbagai jenis telepon seluler dan pemutar media digital melalui media Bluetooth atau USB. Selain itu dapat mengendalikan pilihan musik melalui suara.

Struktur bodi Focus mengandung 55 persen baja berkekuatan tinggi sehingga bisa menurunkan kebisingan dan getaran dari luar. Kalo mau lihat videonya bisa langsung kunjungi web nya disini

Pastinya, sistem ini akan sangat membantu pada kondisi jalan macet! Nah, kalau di Indonesia yang agak repot, tiba-tiba sepeda motor memotong di depan!

reff :
http://otomotif.news.viva.co.id
http://otomotif.kompas.com
http://www.ford.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang bermanfaat ya, sopan dan terpercaya