Pages

Senin, 25 Februari 2013

Waktu yang Tepat Untuk Spooring dan Balancing

Keselarasan sudut dan keseimbangan roda dalam menopang beban kendaraan sangatlah penting untuk kenyamanan dan kestabilan kendaraan. Oleh karena itu, jangan anggap remeh masalah tersebut, karena bisa menimbulkan dampak negatif apabila mobil kondisi spooring-nya tidak baik. Efek yang terjadi adalah mobil menjadi tidak stabil dan tidak seimbang, terlebih pada kecepatan tinggi, mobil akan lebih susah dikendarai. Bagi pengemudi, kondisi tersebut akan menyebabkan cepat lelah dikarenakan kita harus lebih berkonsentrasi menyeimbangkan kemudi. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan Spooring dan Balancing pada kendaraan Anda.


Sebaiknya lakukan spooring dan balancing jika kendaraan Anda mengalami gejala-gejala pada seperti di bawah ini:
1. Getaran di roda kemudi,
2. Keausan ban yang tidak merata,
3. Roda kemudi lebih berat dari biasanya,
4. Roda kemudi tidak berputar kembali ke posisi semula, ketika kemudi dilepas setelah diputar ke salah satu sisi saat sedang jalan,
5. Posisi roda kemudi tidak lurus meskipun kendaraan berjalan lurus,
6. Roda kemudi cenderung menarik ke salah satu sisi,
7. Roda kemudi susah dikendalikan saat melewati jalan tidak rata.


Lakukan pengecekan kondisi komponen kemudi dan kaki-kaki kendaraan agar hasil spooring dan balancing maksimal . Untuk mengantisipasi gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya, lakukan perawatan berkala sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh pihak Agen Pemegang Merek (APM).

Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring dan balancing:
  1. Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.
  2. Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
  3. Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
  4. Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
  5. Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
  6. Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan keseimbangan.
  7. Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil Anda hanya bergerak lurus.
Yang perlu diperhatikan sebelum sprooring
Ada beberapa point penting yang harus dilakukan sebelum kendaraan dilakukan Spooring & Balancing, beberapa gejala yang timbul diantaranya seperti kecenderungan kemudi ke arah kanan atau ke kiri, rem di salah satu roda berbeda kekuatannya dengan roda lainnya juga bisa menjadi penyebab.Kondisi ban yang kurang baik juga berpengaruh. Seperti jika mobil didiamkan lama, akan ada flat spot pada ban. Itu juga bisa membuat mobil bergetar ketika dipacu pada kecepatan tertentu, suspensi juga berpengaruh. Karena suspensi bergerak berdasarkan fluida yang apabila tidak sehat akan sangat berpengaruh ke pengendalian mobil. Kalau sudah begitu walaupun dispooring juga hasilnya tidak akan lebih baik. Direkomendasikan untuk mengecek seluruh komponen tersebut dan mengembalikannya ke kondisi standar terlebih dahulu sebelum melakukan spooring & balancing. Cek juga kondisi velg dan tekanan angin ban agar pemeriksaan berlangsung di bawah kondisi yang seharusnya.Selain mengecek mobil, periksa juga bengkel dimana mobil anda akan melakukan Spooring & Balancing. Hal ini penting karena seluruh pengecekan dan proses akan dilakukan di satu bengkel dengan peralatan yang terkadang kita tidak tahu riwayatnya. Terutama masalah kalibrasi karena peralatannya merupakan kombinasi elektris dan mekanis yang memerlukan proses kalibrasi secara berkala. Sebab keakuratan dari alat alat tersebut tergantung dari kalibrasinya. Proses kalibrasi dilakukan secara berkala dengan memanggil distributor alat yang bersangkutan. Begitu juga bila terjadi kerusakan

reff:
ASTRAWORLD 
gardaakses
trisanggaray
solusimobi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang bermanfaat ya, sopan dan terpercaya