Pages

Selasa, 23 April 2013

NITROUS (NOS)

Nitrous Oxide Kit

Nitrous oksida (N2O) merupakan senyawa kimia yang digunakan sebagai pengoksidasi untuk meningkatkan daya/output mesin mobil (internal combustion engine) terutama untuk “race”, dengan adanya tambahan/suntikan N2O maka memungkinkan akan lebih banyak bahan bakar yang dapat terbakar dibandingkan dengan biasanya.

Nitrous adalah singkatan dari nitrous oxida, juga disebut sebagai NOS dan istilah NOS berasal dari inisial nama perusahaan Nitrous Oxide Systems, salah satu perusahaan perintis dalam pengembangan sistem injeksi nitrous oxida untuk meningkatkan kinerja mesin.

Nitrous oksida disimpan berbentuk cairan dalam tangki, tapi karena titik didihnya yang rendah NOS mudah menguap pada udara atmosfer. Ketika diinjeksikan ke dalam intake manifold, menyebabkan suhu udara pada intake segera turun, jika suhu udara turun maka kerapatan udaranya menjadi meningkat/udara lebih padat sehingga meningkatkan effisiensi volumetrik dari langkah isap mesin, bersamaan dengan itu bahan bakar/bensin dapat diinjeksikan lebih banyak, lalu tenaga mesin akan melonjak tiba-tiba…

Ketika nitrous oxida terurai misalnya diinjeksikan ke dalam intake manifold mesin, maka kadar oksigen yang semulanya terdapat pada udara sekitar 20% dapat ditingkatkan menjadi 33%. Jika kadar oksigen pada udara dalam intake manifold sudah ditingkatkan, maka bahan bakar yang disemprotkan juga diperbanyak untuk mengimbangi kadar oksigen yang sudah tinggi itu, dengan demikian tenaga mesin akan melonjak secara signifikan.

Nitrous dapat meningkatkan daya mesin yang paling kecil 0,5 hp atau bahkan bisa sampai 3.000 hp, tergantung dari jenis mesin dan tipe sistem nitro-nya.

Keuntungan lain dari nitro adalah dapat meningkatkan torsi mesin lebih besar pada rpm rendah dan inilah yang sangat diperlukan waktu akselerasi.

Hampir semua kit sistem injeksi nitrous bekerja berdasarkan penginjeksian tunggal (sekali semprot), tapi ada juga kit nitrous bekerja secara bertahap misalnya 2, 3 atau bahkan 4 step penyemprotan. Sistem kit nitrous paling maju dikendalikan oleh semacam ECU yang memungkinkan kit ini bekerja beberapa tahap penyemrotan nitrous sesuai dengan kebutuhan..

Kebanyakan beberapa mobil balap/drag/race menggunakan tiga tahap daya tambahan, namun saat ini semakin banyak yang beralih ke teknologi yang disebut dengan “switching pulsed progressive technology”. Sistem yang lebih progresif ini memiliki keunggulan dapat mensuplai dalam jumlah yang lebih besar nitrous dan bahan bakar untuk meningkatkan daya lebih tinggi, tapi tambahan torsi dan daya tersebut dilakukan secara bertahap untuk mengurangi kerusakan mesin dan transmisi akibat tekanan dan penambahan daya secara tiba-tiba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang bermanfaat ya, sopan dan terpercaya