Pages

Senin, 21 Januari 2013

NEW ENGINE, COMMON RAIL

1. Mesin baru typenya :
a. D2862LE221 (2862LE223) untuk V12 engine
b. D2676LE221 (2676LE223) untuk R6 engine

2. Pengembangan rencana yang akan datang, system common rail adalah :
a. V8 engine – bukan untuk genset
b. V16 engine – untuk genset, masih experiment

3. Pada dasarnya wiring mesin V12 dan R6 sama saja, hanya untuk R6 engine terdiri atas 1
EDC saja, sedangkan V12 engine mempunyai 2 set. EDC – Electronic Diesel Controller
(Kontrol mesin diesel elektronik).

4. Aliran solar dari tanki, melewati separator (water separator), disini terdapat sensor untuk
mendeteksi adanya air, sensor ini berfungsi sebagai alarm saja, dan tidak akan mematikan
mesin. Setelah melewati hand pump masuk ke high pressure pump, ada 2 unit untuk V12
engine, kiri dan kanan. High pressure pump hanya terdiri atas roda gigi saja dan tidak ada
system lock timing. Pada waktu ganti hanya cabut pasang saja. Pada high pressure pump
terdapat alat yang disebut M-Prop, yang berfungsi untuk mendeteksi tekanan rendah. Kalau
terjadi error M-Prop berarti ada masalah di high pressure pump. Disini ada sensor untuk
mendeteksi tekanan solar dan temperatur solar. Kemudian akan masuk ke filter solar, filter
ini berukuran 2 mikron. Aliran kemudian akan masuk ke blok common rail, disini ada
sensor tekanan solar lagi. Inilah kenapa mesin tersebut disebut common rail. Solar
bertekanan tinggi disimpan di blok tersebut. Di common rail block ada sensor tekanan solar
lagi, disini tekanan yang ada sekitar 600 bar untuk no load dan naik sampai 1800 bar untuk
load 100%. Di common rail block terdapat ventil yang berfungsi untuk mem-by pass
tekanan solar hingga limit 1800 bar. Kalau terjadi kerusakan dan tekanan solar lebih dari
1800 bar, ventil ini akan buka tetapi akan menjaga agar minimum tekanan solar menjadi 800
bar. Pada saat ini terjadi, mesin masih akan jalan tetapi berjalan idle, speed akan turun. Dari
common rail block kemudian dialirkan ke masing-masing injector, tiap common rail block
terdiri atas 6 jalur injector. Untuk V12 engine, ada 2 unit, kiri dan kanan. Sampai di injector,
siap untuk ditembakkan sesuai dengan timing. Timing diatur dengan menggunakan software
yang terisi dalam EDC. Sisa solar yang tidak terbakar, overflow, mengalir kembali ke tanki
solar. Jika high pressure pump rusak, ada brem-brem yang masuk ke injector, sehingga
injector harus diganti baru. Kebersihan injector harus dijaga penuh, pada saat cabut pasang,
lobang harus ditutup termasuk injektornya sendiri.

5. Keseluruhan wiring mesin dikontrol oleh alat MFR. MFR – Motor Fuhrung Rechner (Motor
yang dipandu oleh komputer). MFR terhubung ke EDC (ke dua unit), control panel DC,
display MFR, auxiliary soket biru untuk software diagnostic, ke alat yang terhubung dengan
interface CAN bus – leitrechner kunde (control untuk menaikkan atau menurunkan beban,
seperti load sharing begitu), dan sensor-sensor al : sensor water level switch, sensor water
separator solar, sensor intake low pressure. Cuma 3 sensor ini yang langsung berhubungan
dengan MFR (tegangannya 24V), selain itu semua sensor lain terhubung ke EDC (yang ini
semua bertegangan 5V, digital system).

6. Kalau alat Leitrechner kunde (selanjutnya disebut load sharing) tidak dipakai, maka terminal
CAN bus bridge harus di jumper.

7. Soket biru tambahan digunakan untuk interface ke alat untuk monitoring kerja mesin dengan
memakai software diagnostic. Selain itu juga dapat digunakan untuk membaca dan
menganalisa kerusakan-kerusakan yang terjadi di MFR atau di EDC.

8. Control panel DC merupakan wiring tambahan untuk mengatur kerja mesin, dan untuk
penambahan safety. Terdiri dari kunci starter (meskipun start engine dapat dilakukan dari
modul MFR display). Mesin juga dapat di start dari kunci starter tetapi harus tunggu kirakira
3 detik dulu sampai modul MFR dan EDC stabil, baru bisa di-crank. Juga terdapat
rheostat untuk operasi paralel (sinkron) untuk menaikkan beban. Rheostat yang dipakai
berukuran 1 k Ohm dan bagian tengah diseri dengan resistor 1 k Ohm. Kemudian juga
terdapat beberapa alarm yang berhubungan dengan kesalahan yang terjadi di MFR module
atau di EDC module. Jika terjadi alarm water level switch atau water separator solar, maka
alarm MFR juga ikut nyala. Jika terjadi alarm temperatur panas atau tekanan oli rendah atau
mesin overspeed maka alarm EDC juga ikut nyala (kesimpulannya ada 2 kelompok alarm
sesuai dengan sensor yang terhubung ke modul yang mana).

9. MFR display berfungsi sebagai user interface, disini dapat dlihat keadaan operasi mesin,
monitoring, setting parameter-parameter EDC, melihat kesalahan dan alarm yang terjadi.
Alarm yang terjadi bersifat real time, dalam arti kesalahan-kesalahan yang terjadi tidak
disimpan, tidak di record di MFR display, tetapi hanya ditampilkan pada waktu kejadian
saja. Setelah kesalahan diperbaiki atau alarm normal kembali, kesalahan tersebut hilang dari
display. Tetapi ingat, semua kesalahan dan alarm yang terjadi tetap disimpan di memory
EDC modul atau di memory MFR modul. Cuma isi memory tidak dapat ditampilkan oleh
alat MFR display ini. Hanya bisa dibaca dan dianalisa dengan memakai software diagnostic
saja.

10. Tombol-tombol MFR display :
a. Sebelah kiri – Start engine
b. Sebelah kanan – Stop engine
c. Baris bawah dari kiri ke kanan : Up, Menu, Enter, Down
d. Baris atas lampu indikator, dari kiri ke kanan : EDC fault, Run, MFR fault

11. Operasi mesin adalah seperti berikut ini : setelah kunci starter di-on, tunggu kira-kira 3 detik
dulu sampai lampu indikator EDC fault dan MFR fault mati, baru engine bisa di-crank. Ini
berfungsi untuk memberikan waktu bagi EDC module dan MFR module supaya inisialisasi
dulu sampai stabil. Crank dapat dilakukan melalui kunci starter atau tombol Start display,
tekanan harus agak lama, sampai penunjukan lebih dari 750 RPM dulu, baru dilepas. Untuk
stop mesin bisa memakai tombol Stop display, ditekan terus agak lama, sampai putaran
mesin menjadi 0 RPM, atau kalau menggunakan kunci starter di-off, bisa, tetapi waktu mau
start mesin untuk yang berikutnya, kunci starter harus di-on off dulu beberapa kali untuk
me-reset MFR module dan EDC module terlebih dahulu. Tidak disarankan memakai kunci
starter untuk mematikan mesin, lebih baik pakai tombol stop display.

12. Kalau terjadi error, maka MFR display akan menunjukkan nomor errornya, sebagai contoh :
SPN – 3001, dan lampu indikator EDC fault nyala, dan alarm sensor yang bersangkutan
nyala. Ini berhubungan dengan sensor anu, begitu!

13. Dalam keadaan operasi normal, tampilan MFR display menunjukkan RPM – 1500 RPM

14. Untuk masuk ke pilihan menu, tekan tombol menu agak lama, sampai muncul tampilan
menu di MFR display. Kemudian pilihan menu bisa dipilih dengan tombol Up atau Down,
dan tombol Enter. Pilihan menu adalah sebagai berikut :
a. EDC Fail
b. MFR Fail
c. Monitor
d. Motor Setting
e. Contrass
f. Time & Date
g. Language
h. System

15. Menu EDC Fail dan MFR Fail, pilihan untuk melihat error yang terjadi pada saat mesin
tidak berjalan normal.

16. Menu Monitor, pilihan untuk melihat semua data-data monitoring sensor, seperti : speed,
tekanan, temperatur, oli atau solar atau air pendingin. Ada beberapa halaman untuk monitor
data tersebut, apabila setelah dipilih dan dibiarkan seperti itu, tidak ada tombol yang
dipencet, 3 menit kemudian penunjukan MFR display akan kembali ke posisi normal, yaitu
penunjukan RPM – 1500 RPM. Kalau mau monitor data lagi, harus pencet ulang tombol
menu lagi sampai pilihan menunya keluar lagi, tekan tombol Up atau Down dan pilih menu
Monitor, dan tekan tombol Enter lagi.

17. Menu Motor Setting, pilihan untuk merobah parameter-parameter mesin. Hati-hati dalam
memilih menu, karena kalau salah pencet parameter mesin bisa berobah.

18. Menu Time & Date, pilihan untuk merobah tanggalan dan pewaktuan (jam dan kalender
waktu yang berjalan). Sekali set, maka jam dan tanggal baru akan tetap disimpan meskipun
suplai tegangan batere aki dilepas, tetapi hanya bisa bertahan selama 12 hari saja, setelah itu
akan reset kembali ke defaultnya. Harus set lagi!

19. Menu Language, pilihan untuk merobah bahasa yang akan ditampilkan.

20. Menu System, pilihan untuk ???

21. Injektor yang baru lain dengan injektor tipe lama, karena untuk injektor common rail ini
adalah full injector electronic. Didalamnya terdapat pentil yang sangat halus, dan pentil itu
dibuka dengan coil actuator sesuai dengan timing pada waktu penembakan solarnya. Kabel
untuk coil injektor dalam pemasangannya bolak-balik tidak apa-apa.

22. Untuk engine common rail ini tidak diperkenankan untuk mengkendorkan nepple-nepple
disaluran solar, karena ada tekanan yang sangat tinggi, hingga 1800 bar. Kalau mesin masuk
angin, cukup gunakan hand pump untuk mengalirkan solar kedalam pipa-pipa saluran solar
tersebut, dan selanjutnya di-start agak lama, supaya mesin agak lancar dulu.

23. Sistem penyetelan klep pada engine common rail berbeda dengan tipe lama, yaitu :
a. Untuk yang lama D2842LE2.. = 1-7-5-11-3-9-6-12-2-8-4-10
b. Untuk yang baru D2862LE22. = 1-12-2-11-3-10-6-7-5-8-4-9
c. Top = 1-12-2-11-3-10-|-6-7-5-8-4-9
d. Overlap = 6-7-5-8-4-9-|-1-12-2-11-3-10
e. Clearance klep :
Untuk yang lama : in = 0.5, out = 0.6
Untuk yang baru : in = 0.5, out = 0.8

reff :
berbagai sumber (toyota, mitsubishi, mazda dll)


2 komentar:

  1. Poles marmer rumah Graha Family tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Dian Istana tp 081316894242 Surabaya,Jual mesin polisher 2nd 081316894242 viper,electrolux,new rotano.Sewa mesin poles lantai polisher cuci karpet Malang 081316894242.Poles marmer rumah Komplek Laguna tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Darma Husada tp 081316894242 Surabaya Poles marmer rumah Bumi Galaxy tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Citra Land tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Komplek Pakuwon tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Citra Harmoni tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Nirwana Eksekutif tp 081316894242 poles marmer palembang,lampung 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Darmo Golf tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Darmo apuncak tp 081316894242 Surabaya,poles lantai marmer gresik 081316894242 granite,teraso,no hp telp poles marmer 081316894242 granite,teraso Poles marmer rumah Pondok Jati tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Taman Pinang tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Grand Family tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Kertajaya Indah tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Margo Mulyo tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Genjeran tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah perum Wanocolo tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Manyar Kertoarjo tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Manyar Kertoadi tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Puri Matahari tp 081316894242 Surabaya Hubungi Waluyo Marble Specialist Surabaya Hp. 081316894242 Distributor mesin polisher lantai 081316894242 Poles marmer rumah Bandung 081316894242 Surabaya,Poles marmer Bandung 081316894242 bogor Hubungi kami Waluyo's Marble Specialist jika anda membutuhkan jasa poles lantai marmer 081316894242 Bali Lamongan Jakarta granite,teraso dan kristalisasi agar lantai anda kembali mengkilap.Poles meja marmer 081316894242 ,Poles lantai marmer surabaya 081316894242 granite,teraso poles meja granite 081316894242 ,poles tangga marmer 081316894242 ,cor dan poles teraso 081316894242 ,Jual mesin poles marmer 1 phase 081316894242 Tukang marmer 081316894242 granite,teraso murah hub Hp. 081316894242 Kami Waluyoo's Marble Specialist bergerak dalam bidang jasa poles lantai marmer( 081316894242 ) granite,teraso dan kristalisasi agar lantai kembali mengkilap.Jual batu gosok poles marmer 081316894242 jual marble powder bubuk pengkilap marmer teraso 081316894242 jual mesin poles lantai floor polisher second/bekas 081316894242 jual polisher fiorentini,columbus,alphalux,ghibli,wirbel,falco,nilfisk,electrolux,lux,luxor ,krisbow,rotano 081316894242 Renovasi rumah poles marmer( 081316894242 ) granite,teraso,poles meja marmer( 081316894242 ) teraso,poles traf tangga marmer 081316894242 tanpa perantara granite,teraso.poles marmer rumah pejaten 081316894242 tanpa perantara serang banten poles marmer rumah cipete 081316894242 tanpa perantara poles marmer rumah pd indah 081316894242 tanpa perantara poles marmer rumah pd labu 081316894242 tanpa perantara poles marmer rumah cinere 081316894242 tanpa perantara

    BalasHapus
  2. Trimaksh atas penjelasanya ini bermanfaat buat sy

    BalasHapus

yang bermanfaat ya, sopan dan terpercaya